Urgensi Perlindungan Data Pribadi Dalam Aktifitas Ad Tracking Di Ruang Siber
DOI:
https://doi.org/10.32661/resam.v7i2.61Keywords:
Perlindungan Data Pribadi, Preferensi Iklan, Ad TrackingAbstract
Perlindungan data pribadi khususnya dalam pemanfaatan ad tracking guna untuk melakukan preferensi iklan terhadap pengguna belum di atur secara eksplisit, hal ini dikarenakan mengenai apa yang dimaksud dengan jenis-jenis data pribadi dalam perundang-peraturan khususnya dalam transaksi informasi teknologi belum mengatur mengenai pengklasifikasian data pribadi, sehingga diharapkan preferensi iklan dapat dimasukkan kedalam bentuk klasifikasi bentuk perlindungan data pribadi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu Pertama, untuk menghormati hak privasi setiap orang tanpa tindakan memata-matai. Kedua, pengguna banyak menghabiskan lebih banyak uang untuk membelanja di situs ecommerce, dan pengguna tidak menginginkan preferensi iklannya terlihat di publik. Dan ketiga, agar data pribadi dalam preferensi iklan tidak digunakan untuk kepentingan iklan politik yang dimana pengguna tidak mengetahui bahwa data pribadi mereka digunakan sebagai preferensi iklan dalam kampanye politik.
References
A. Buku
Asikinzainal, 2014, Pengantar Tata Hukum Indonesia, Rajawali Press, Jakarta.
Fernando M Manulang, 2007, Hukum Dalam Kepastian, Prakarsa, Bandung.
Lily Rasjidi, 1990, Dasar-dasar Filsafat Hukum, Citra Aditya, Bandung.
B. Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik
Rancangan Undang-Undang tentang Perlindungan Data Pribadi
C. Internet
Ashley Gold, Sara Fischer, 2021, “Privacy Laws Push Online Ads Beyond Trackingâ€, Axios, https://www.axios.com/privacy-laws-push-online-ads-beyond-tracking-b1bcfcc5-8b03-421f-9f01-f2774108dd16.html Diakses Pada Tanggal 7 Oktober 2021
Developer Apple, “User Privacy and Data Use, Appleâ€, 2021 https://developer.apple.com/app-store/user-privacy-and-data-use/ Diakses Pada Tanggal 7 Oktober 2021.
Eliza Crawford, 2020, “Website Tracking: Why and How Do Websites Track You?â€, CookiePro by OneTrust, https://www.cookiepro.com/blog/website-tracking/ Diakses Pada Tanggal 7 Oktober 2021
Issie Lapowsky,2019, “How Cambridge Analytica Sparked the Great Privacy Awakeningâ€, Wired, https://www.wired.com/story/cambridge-analytica-facebook-privacy-awakening/ Diakses Pada Tanggal 7 Oktober 2021.
Queenie Wong, 2021, “Facebook vs. Apple: Here's What You Need to Know About Their Privacy Feudâ€, Cnet, https://www.cnet.com/tech/services-and-software/facebook-vs-apple-heres-what-you-need-to-know-about-their-privacy-feud/ Diakses Pada Tanggal 7 Oktober 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.